Sekolah Kolaborasi

Dikutip dari laman Itjen.Kemdikbud.go.id, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan tentang program Sekolah Kolaborasi. Menurut Anies, sekolah kolaborasi merupakan wadah bagi harmonisasi sekolah negeri dan swasta dalam mewujudkan pendidikan tuntun tuntas berkualitas.

Tujuan diadakannya sekolah kolaborasi adalah memberikan kesempatan yang sama untuk memperoleh layanan pendidikan berkualitas. Berikut adalah pernyataan Anies, “Kolaborasi antara pemerintah dengan sekolah swasta untuk memastikan penyediaan layanan pendidikan berkualitas; mendorong kerja sama antar sekolah berbagi fasilitas dan kompetensi, serta membangun semangat kegotongroyongan.”

Sekolah kolaborasi memungkinkan hadirnya ruang lingkup pertukaran pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran, manajemen kelas dan pengembangan konten mata pelajaran dari guru mata pelajaran. Pertukaran pengetahuan dalam pengelolaan sekolah perencanaan dan penganggaran dan manajemen berbasis sekolah lainnya. Pertukaran akses terhadap fasilitas pelajaran termasuk untuk sumber belajar laboratorium maupun sarana olahraga.

Saat ini ada 21 pasang sekolah piloting yang terdiri dari 10 SMP Negeri 10 SMP swasta dan 10 SMA Swasta dan 11 SMA swasta. Salah satunya adalah SMA Negeri 71. SMAN 71 berkolaborasi dengan sekolah SMA Budi Mulia Utama.

Agenda kegiatan apa saja yang telah dilakukan kedua sekolah ini? Yuk, tonton videonya di sini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.